Rubrik Utama

Daerah

Kisah Inspiratif H Surianyah Pengusaha Dermawan, Dari Kuli Bangunan Hingga menjadi Pengusaha Sukses. Bagian I

Foto Metronews.co

Kaltimtuah.id, SAMARINDA– Sasa begitu sapaan akrabnya, pria kelahiran Samarinda 11 Juni 1974 itu salah satu pengusaha sukses di Kota Tepian (Julukan Samarinda).

Pengusaha yang bernama lengkap H Suriansyah merupakan pengusaha yang memulai semuanya dari nol.

Sebelum menjadi pengusaha sukses seperti sekarang, Sasa menekuni profesi sebagai kuli bangunan dengan gaji 35 ribu perhari, tidak hanya itu Sasa juga pernah merasakan kerasnya kehidupan dengan menghabiskan waktunya di jalanan, ia juga sering tidur di emperan toko di seputar Citra Niaga. Pengusaha yang terkenal dermawan itu juga pernah merasakan dinginnya jeruji besi.

Sekarang semuanya berubah, dulu Sasa tidak pernah memikirkan menjadi miliader namun sekarang semuanya sudah ia miliki. Bahkan untuk menghabiskan hartanya Sasa kerap terlibat dalam kegiatan sosial dan membantu masyarakat yang membutuhkan, mulai dari membangun Masjid, Pesantren, Rumah Singgah untuk Lansia, Bedah Rumah, dan menyantuni anak-anak yatim dan lansia. Itu semua Sasa lakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta.

Dijelaskannya, bahwa ia memiliki motivasi yang kuat untuk membahagiakan orang tuanya, menurutnya dengan bersedekah amalannya akan cepat diterima sang pencipta.

“Saya pernah hidup dijalanan, dan tidak pernah berpikir seperti kehidupan sekarang ini, Allah telah menguji saya dengan memberikan saya semuanya, harta yang saya miliki ini adalah titipan untuk saya kelola, dan diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan, dan sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, saya ingin membahagiakan orang tua saya, karena dengan bersedekah amalannya akan cepat sampai” ujar H Suriansyah saat ditemui dikediamannya.

Bulan Ramadhan Membagikan Sembako dan Menyantuni Anak Yatim dan Lansia

Bulan Ramadan ini dimanfaatkan H Suriansyah untuk membagi kasih kepada Anak Yatim dan Lansia, lewat yayasan yang ia dirikan, yakni Yayasan Peduli Sesama Mansyur Tuah ia menggelar buka bersama dan menyantuni warga yang kurang mampu, bahkan kegiatan sosial itu ia lakukan selama 10 hari dengan mengundang ratusan anak yatim dan lansia yang berada di Samarinda.

“Kami mengundang anak yatim dan lansia, untuk buka bersama disini, yang kami ngundang misalnya 100 orang tiap hari, tapi orang yang hadir lebih dari itu, karena banyak yang datang di luar dari undangan, tapi saya bersyukur karena saya masih bisa memberikan apa yang saya miliki” ucapnya.

Yayasan Peduli Sesama Mansyur Tuah yang didirikan tahun 2020 lalu memang fokus untuk kegiatan-kegiatan sosial. Yayasan ini kerap membantu anak anak yang kurang mampu dan merenofasi sejumlah rumah warga yang tidak mampu.
Mansyur Tuah dipilih dari nama orang tuanya, Masnyur nama ayahnya dan Tuah merupakan nama ibunya.

“Mansyur adalah nama ayah saya dan Tuah adalah nama ibu saya, saya berharap yayasan ini menjadi ladang amal bagi saya dan juga orang tua saya” Jelas Sasa.

Impian Untuk Menyekolahkan Anak-Anak Yang Kurang Mampu Hingga Bantuan Pendidikan Ke Luar Negeri

H Suriansyah atau yang kenal dengan Sasa memiliki impian yang besar untuk anak-anak di Kaltim agar mereka memiliki masa depan yang lebih baik. lewat Yayasan Peduli Sesama Mansyur Tuah ia membangun pesantren dan rencananya pesantren tersebut akan menyekolahkan anak-anak kurang mampu, dengan biaya sepenuhnya di tanggung yayasan, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga pakaian dan perlengkapan sekolah juga akan di tanggung.

Tidak hanya itu, pengusaha yang terkenal Dermawan ini juga berniat memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di Yaman dan Kairo, dengan harapan agar anak-anak ini bisa memperdalam ilmu agama, sehingga kelak Kembali ke Indonesia bisa bermanfaat dan bisa menjadi seorang Ustadz.

“Kami punya program sekolah gratis untuk SD, SMP dan SMA, dan untuk anak-anak berprestasi kami akan memberikan bantuan untuk kuliah di Yaman atau Kairo, saya bekerja sama dengan Ustadz Al Habsyi membangun pesantren di Palembang, nantinya anak-anak berprestasi ini akan menuntut ilmu di Palembang sebagai persiapan melanjutkan pendidikan di Yaman” Ujarnya.

Bersambung… Untuk kelanjutan kisah Inspiratif H Surianyah kami akan tuliskan di Bagian II.

Penulis: Redaksi Metronews.co