Rubrik Utama

Daerah

PT Pamapersada Nusantara dukung Peningkatan Ekonomi Kreatif

Perwakilan perusahaan memberikan bantuan secara simbolis

Kaltimtuah.id, Muara Teweh- PT Pamapersada Nusantara (PT PAMA) bersama PT Bharinto Ekatama (PT BEK) mendukung beberapa sektor ekonomi kreatif yang kian berkembang di Indonesia.

Sebagaiperusahaan yang bergerak di bidang pertambangan PT Pama dan PT BEK memiliki tanggung jawab untuk turut membangun kualitas sumber daya manusia yang ada di wilayah sekitar perusahaan.

Salahsatunya dengan ikut membina beberapa generasi muda dengan mengadakan pelatihan cetak sablon kaos yang di laksanakan di aula Kecamatan Muara Teweh Timur, Kamis 24 Juni 2021.

Pelatihancetak sablon kaos ini di harapkan akan memberikan wawasan dan mendorong peserta untuk memiliki kemampuan dalam membuat kaos sablon sendiri, sehingga ketika di kembangkan akan menjadi peluang usaha dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Vanguard Clothing Printing sebagai salah satu penggiat usaha percetakan kain sablon yang ada di muara teweh di tunjuk sebagai pelatih dalam kegiatan ini. Tidak hanya memberikan pelatihan namun juga berbagi pengalaman dalam usaha percetakan kain sablon.

Kegiatanyang mengusung tema “Care With Education and Economic Development” ini di ikuti oleh muspika Teweh Timur, perwakilan KPB Basapri, dan kurang lebih 30 peserta dari 3 Desa yakni Benangin 1, Benangin 2, dan Benangin 5 serta menggandeng pihak Bumdes dari masing-masing Desa.

Dalamkegiatan ini PT. Pamapersada Nusantara memberikan bantuan permodalan untuk Desa Benangin yang di terima secara simbolis oleh Camat Teweh Timur berupa : 6 meja sablon banting, 6 meja afdruk, 1 mesin press, 12 Coater, 6 rakel aluminium kotak, 6 screen kayu, 6 Knock T Screen, 6 Sprayer, 6 hot gun dan 6 set tinta pewarna dan bahan cetak.

Section CSR Pamapersada Nusantara Arif Setyo Nugroho mengatakan pelatihan ini di tujukan bagi generasi muda yang serius dalam mengembangkan ekonomi kreatif sehingga nantinya akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat selain wawasan juga potensi usaha.

“Pelatihan ini diharapkan mampu mencetak generasi yang benar-benar berdikari untuk mengembangkan ekonomi kreatif sehingga mampu meningkatkan nilai tambah bagi Kecamatan Teweh Timur. Apalagi hal ini juga merupakan hal yang baru bagi warga Benangin, harapannya ilmu peserta dapat lebih terasah sehingga diharapkan nantinya dapat mewujudkan kegiatan ekonomi yang berkelanjutan atau dalam istilah kami disebut Income Generate Activity” kata Arif Setyo Nugroho.

Kini tentu mendapat tanggapan positif dari Pemerintah khususnya Kecamatan Teweh Timur dimana pelatihan yang di berikan ini akan mendorong semangat masyarkaat dalam berkarya yang hasilnya dapat menjadi peluang usaha dan berdampak pada sektor ekonomi masyarakat.

“Kami sangat mendukung adanya kegiatan yang diharapkan dapat mendukung ekonomi kreatif di Kecamatan Teweh Timur, apalagi didukung dengan link dan akomodasi yang sudah diberikan perusahaan baik PT PAMA maupun PT BEK yang sudah cukup banyak mengadakan pelatihan di bidang ekonomi terutama di tahun 2021 ini. Semoga pembinaan dari perusahaan dapat benar-benar mencetak generasi yang konsisten untuk terus belajar demi kemajuan kita bersama.” Ungkap Camat Teweh Timur Bp. Winardi.

Programi tentunya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang sesuai dengan salah satu pilar PT.Pama persada yaitu IGA (Income Generate Activity) sehingga dengan pembinaan dan pendampingan yang di berikan oleh perusahaan dapat meningkatkan taraf hidup dari sisi sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat secara mandiri. (Dan)