Rubrik Utama

Daerah

Kisah Rukaya, Terkena Kanker Payudara Ganas, dan Tinggal di Rumah Tidak Layak Huni

H Suriansyah Ketua Yayasan Mansyur Tuah menyambangi kediaman Rukaya Kamis (05/08)

Kaltimtuah.id, SAMARINDA– Rukaya (45) Warga Jalan Gerilia Samarinda Kalimantan Timur hanya bisa pasrah dengan penyakit kanker payudara yang dideritanya.

Ibu dari 6 orang anak ini mengidap penyakit tersebut sudah 3 tahun terakhir, sayang, karena keterbatasan ekonomi membuat keluarganya kini tak mampu berbuat banyak. Apalagi suami hanya pekerjaan serabutan.

Saat ini Rukaya sangat mengharapkan uluran tangan para dermawan, untuk biaya berobat penyakit Kanker Payudara ganas, yang dideritanya.

Selain terkena penyakit kanker payudara, Rukaya bersama anak-anaknya juga menempati rumah tidak layak huni, dengan luas bangunan hanya ukuran 4 X 4.

Diakui Rukaya, sejak 3 tahun terakhir ia tidak bisa lagi membantu suaminya untuk mencari nafkah.

“Sudah tiga tahun terakhir ini, selama ini saya mengobatinya secara tradisional aja, dan satu tahun ini saya drop, gak bisa apa-apa, dan gak bisa lagi untuk operasi, karena ini sudah habis, sudah berlubang”ujar Rukaya.

Kisah Ibu Rukaya ini ternyata sampai juga ditelinga H Suriansyah salah satu pengusaha di Samarinda yang memang aktif dalam kegiatan sosial.

Kamis (05/08) H Suriansyah menyambangi kediaman Rukaya untuk membawakan bantuan sembako dan obat herbal yang memang ia sengaja beli khusus untuk penderita kanker.

Tempat tinggal Rukaya yang hanya berukuran 4 X 4, dan masuk pada program bedah rumah dari Yayasan Mansyur Tuah

Ketua Yayasan Mansyur Tuah tersebut kaget saat melihat langsung tempat tinggal Rukaya yang tidak layak huni. Usai memberikan bantuan sembako dan obat herbal, H Sasa sapaan akrabnya ini langsung menanyakan surat-surat tanah yang ia tempati.

“Insya Allah bu, do’akan saja mudah-mudahan Allah berkehendak, rumah ibu akan saya masukan pada program bedah rumah, saya hanya perantara aja, nanti Allah yang mengaturnya, dan beberapa rumah yang saya beda kondisinya lebih layak dari pada rumah ibu ini, Insya Allah, mohon doa nya bu”ujar H Suriansyah.

Mendengar hal itu, Rukaya dengan suara terbata-bata mengucapkan terimakasih kepada H Sasa, ia pun mendoakan pengusaha dermawan itu agar diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah.

Diketahui, Yayasan Mansyur Tuah kerap membantu masyarakat yang membutuhkan di Samarinda. Yayasan yang didirikan tahun 2020 itu selalu terlibat dalam kegiatan sosial, selain membantu ekonomi warga yang tidak mampu, Yayasan Mansyur Tuah juga menyiapkan rumah singgah untuk lansia serta melakukan bedah rumah warga yang tidak layak huni.

Penulis: Fatham
Editor: Redaksi Kaltimtuah.id