Rubrik Utama

Daerah

Koperasi Binaan PT. Pamapersada Nusantara dan PT. BEK Mengadakan Kegiatan Panen Perdana Jagung Hibrida

Project Manager PT Pamapersada Nusantara Victorinus Setyawan C.A, KTT PT BEK Prayono Suryadi, saat melakukan panen jagung Hidrida

Kaltimtuah.id, Barito Utara- KPB Basapri melakukan kegiatan Panen Perdana Jagung Hibrida di Desa Benangin I Kecamatan Teweh Timur.

Diketahui KPB Basapri merupakan koperasi Binaan PT Pamapersada Nusantara dan PT BEK.

Hadir dalam acara panen bersama ini, Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Dandim Barito Utara Letkol Inf. Edi Purwoko, Kapolres Barito Utara AKBP Gede Pasek Muliadnyana, Project Manager PT Pamapersada Nusantara Victorinus Setyawan C.A, KTT PT BEK Prayono Suryadi, Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A. Surapati, beserta kepala dinas setempat.

Wakil Bupati Barito Utara dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu lumbung jagung yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah, oleh sebab itu, pemerintah sangatlah mendukung program pemberdayaan masyarakat terutama di bidang pangan sehingga tingkat ketahanan pangan wilayah dapat meningkat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program pemerintah Kabupaten Barito Utara, baik dalam bidang pembangunan infrastruktur maupun bidang pertanian, salah satunya melalui program pemberdayaan masyarakat dari PT BEK” ujar Sugianto saat membacakan sambutannya.

Sementara itu, PT. Pamapersada Nusantara bersama PT. BEK sangat mendukung adanya program pemberdayaan masyarakat terutama di bidang ekonomi berkelanjutan.

Project Manager PT Pamapersada Nusantara Victorinus Setyawan berharap Koperasi ini mampu menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin meningkatkan pendapatannya di bidang ekonomi serta belajar tentang tata cara pengembangan bisnis.

“KPB Basapri merupakan salah satu bentuk sinergitas antara perusahaan dengan masyarakat untuk bisa meningkatkan pengetahuan dan pendapatan sehingga masyarakat dapat lebih mandiri. Jagung hibrida ini memiliki produk turunan yang cukup banyak terutama untuk pakan ternak, sehingga ke depan diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung sektor peternakan yang berada di wilayah Barito Utara bahkan tingkat provinsi.” Ujar Project Manager PT Pamapersada Nusantara Victorinus Setyawan.

Sebelumnya pada tahun 2021, KPB Basapri mencanangkan program penanaman jagung seluas 8 hektar dengan jenis jagung Hibrida yang sangat potensial pemasarannya terutama di wilayah Barito Utara. Tidak hanya itu, penanaman 8 hektar jagung ini juga sebagai upaya mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Pusat.

Hal ini disambut baik oleh PT Pamapersada Nusantara dan PT BEK yang kemudian dilanjutkan dengan menggandeng Dinas Pertanian Barito Utara untuk membina kelompok tani Bina Usaha yang merupakan binaan KPB Basapri.

Mulai dari pembersihan lahan di bulan Mei-Agustus 2021 kemudian dilanjutkan penanaman dan perawatan hingga masa panen di akhir Januari 2022.